Tuesday, January 2, 2018

Rumah Dalam Surga

Rumah Didalam surga - Assalamualaikum, kita sebagi manusia yang hidup di dunia tentu saja banyak sekali kebutuhan yang harus  terpenuhi, misalnya saja kebutuhan pokok yang wajib ada yaitu pangan, sandang, dan papan (makan, pakaian, dan tempat tinggal). Dari ketiga kebutuhan itulah mungkin semuanya sudah kita dapatkan. Tapi kita sebagai manusia seringkali merasakan ketidak puasan dengan apa yang kita punya. Misalnya jika kita punya rumah kecil, kita menginginkan yang besar, jika sudah punya yang besar kita jadi menginginkan kendaraan, sudah punya satu ingin punya satu lagi. Begitulah kira-kira manusia, itulah manusia selalu merasa tidak puas dengan apa yang telah dimilikinya, termasuk saya juga sihh.. hehe...
 tapi pernahkan kita berfikir bahwa apa yang kita punya sekarang ini, suatu saat nanti ketika kita mati, kita akan meninggalkannya dan tidak akan membawa satu barang pun yang kita punya saat hidup didunia. Lalu pernahkan kita berfikir apa yang akan kita bawa ketika mati nanti? Rumah, kendaraan, kasur empuk, dan sebagainya kita tinggalkan. Dan kita akan meninggali tempat tinggal dan rumah baru kita di akhirat, Namun bagimana dengan rumah baru akhirat kita? Mungkinkah lebih mewah dari rumah yang ada didunia atau lebih parah? Semuanya bergantung pada amal dan perbuatan kita. Nah.. sobat, kali ini saya ingin berbagi kepada sobat tentang bagaimana gambaran Rumah di akhirat dan semoga menjadi semangat buat sobat untuk mencapai rumah yang dicita-citakan di akhirat kelak

Tidaklah sama bentuk rumah yang ada di surga dengan bentuk rumah rumah yang ada di dunia, jika rumah-rumah di dunia dibatasi dengan oleh pintu antara ruangan, maka didalam surga tidak dibatasi dengan pintu pintu seperti rumah yang ada didunia. Gamabaran rumah dalam surga sudah sangat banyak sekali yang diterangkan Rasulullah, mulai dari yang terbuat dari marmer putih, emas, permata, perak, berlian dan lain sebagainya. Luas rumah yang berada didalam surga seluas mata kita memandang. Setiap orang yang menenpatinya menghuni rumah tersebut diberi keleluasaan untuk bisa bergerak melakukan aktifitas yang dikehendaki punghuni rumah tersebut. Apa yang di inginkanya akan segera terkabul terwujud seketika dihadapannya. (Iya iyalah, namanya aja disurga). Demikianlah menurut keterangan beberapa kitab-kitab klasik. Dan bagaimana sebenarnya tentang keadaan gambaran dan suasan rumah yang ada di surga? Hanya Allah sajalah yang mengetahui.

Dalam sebuah kitab yang berjudul Daqa'iqul Akbar disebutkan bahwa keindahan maupun kemewahan surga tidak bisa di lukiskan oleh akal fikiran manusia, dan disinilah kita mulai harus menyadari, sadar yang bagimana ? Sadar bahwa akal fikiran kita terbatas, jika akal dan fikiran tidak mampu untuk berfikir akan Dzatnya Allah. Maka Iman dan percaya kepada kekuasaan Allah adalah solusinya.

misalnya saja, sebuah bangunan rumah yang matrialnya terbuat dari intan dan permata, tanahnya dari misik, krikilnya batu batanya terbuat dari mutiara dan selalu mengeluarkan bau harum semerbak (kalau di dunia semisal stella pengarum ruangan) betapa mewah dan hebatnya rumah tersebut. Namun apa yang di dalam surga lebih dari pada sekedar itu.

Syekh Imam Abdurrahman bin Ahmad Al Qadr menggambarkan keindahan rumah didalam surga sebagai berikut :
Di surga, setiap rumah terdapat 70 ranjang. Di atas setiap ranjang terdapat 70 tikar. Di atas setiap tikar terdapat seorang bidadari. Bidadari tersebut mengenakan pakaian sebanyak 70 pakaian yang terlihat sumsum betisnya karena halus dan tipisnya pakaian yang dikenakanya. Kalau sekiranya satu helai rambut jatuh kepermukaan bumi, maka seluruh penduduk bumi akan diterangi sebab rambut tersebat.
Daqa'iqul akbar hal:4 bab:46

Rasulullah pernah menerangkan bagaimana keadaan tentang kemewahan rumah  yang ada di dalam surga ketika Rasul di isra' mi'rajkan oleh Allah Swt. Seperti yang diriwayatkan oleh samarah bin jundub, ia berkata :Rasulullah bersabda " Aku melihat di malam isra mi'raj ku ada dua orang laki-laki yang datang kepadaku, lalu keduanya membawaku naik keatas pohon besar, kemudian keduanya memasukanku kesebuah rumah yang sangat bagus dan mewah, yang belum aku pernah melihatnya sebagus rumah itu di dunia. Lantas keduanya berkata :ini adalah rumah orang yang mati syahid"

Dari sekian banyak rumah yang ada didalam surga, ada rumah rumah tertentu yang diberi nama khusus. Nama dari rumah tersebut disesuaikan dengan amal perbuatan yang dikerjakan oleh penghuninya selama hidup didunia.

Sebagaimana hadist yang telah diriwayatkan oleh Tabrani RA. Bahwa Rasulullah saw pernah bersabda "sesungguhnya didalam surga itu ada rumah yang diberi nama rumah orang dermawan"

Dalam hadis lain pun di jelaskan oleh Rasulullah "sesungguhnya di surga itu ada sebuah rumah yang disebut dengan rumah farah, tidak akan bisa masuk kedalam rumah tersebut kecuali orang-orang yang menggembirakan anak kecil"

setiap orang yang beramal soleh pasti akan mendapatkan ganjaran atau imbalan, baik itu kenikmatan,rumah yang ada disurga atau kenikmatan yang lainnya. Tentu saja apa yang di dapatkannya sesuai dengan amal perbuatan serta usahanya ketika di dunia. Karena dunia adalah tempatnya menanam, sedangkan akhirat adalah tempat memanennya.

Okelah sobat sampai disini dulu ya karena saya juga bingung mau nulis apa lagi. Semoga dapat bermanfaat dan menambahkan wawasan bagi sobat. Jika artikel ini bagus menurut sobat jangan biarkan hanya sobat yang mengetahuinya. Share kepada teman teman sobat agar dapat bermanfaat,
Terimakasih :)

No comments:

Post a Comment

Amalan - Amalan Pada Bulan Muharam