Tuesday, January 2, 2018

Pengertian Do'a Qunut Dan Dalilnya

Memahami Do'a Qunut Subuh serta Dalil - Dalilnya 

Pengertian Qunut - menurut bahasa qunut berasal dari bahasa arab, yaitu  "قنت - يقنت - قنو تا - qonata - yaqnutu - qunutan"  yang berarti berdiri tegak, maknanya, bacaan qunut dilakukan ketika seseorang yang shalat sudah benar - benar dalam keadaan berdiri. Sedangkan menurut istilah dalam ajaran islam terbagi menjadi 3 macam qunut. Yaitu Qunut subuh, Qunut Witir, dan Qunut Nazilah.

Namun dalam artikel kali ini saya hanya akan membahas Qunut subuhnya saja.

Qunut subuh menurut istilah - bacaan doa yang dibaca oleh musalli ( orang yang melakukan sholat ) setelah iktidal dan sebelum sujud pada rakaat kedua pada sholat subuh, dan tidak ada qunut lain didalam sholat lima waktu selain di sholat subuh.

Sejarah Qunut pada sholat subuh - bacaan qunut pada sholat subuh dilakukan pertama kali oleh Nabi Muhammad Saw
افضل الصلاةطول القنوت
Artinya : Sholat yang lebih utama adalah memanjangkan qunut. (HR bukhari)

Rasulullah pernah membaca bacaan doa qunut tetapi tidak selalu melakukannya tetapi dalam riwayat lain menyebutkan bahwa Rasulullah melakukan doa qunut hingga beliau wafat, dari kejadian inilah umat islam, khususnya warga NU selalu melakukanya.

Dalil doa Qunut - umat islam khususnya warga NU selalu mengamalkan doa qunut, baik itu qunut subuh, witir maupun Nazilah. Amalan - amalan tersebut pun juga mempunyai dalil - dalil yang jelas, sehinga perilaku tersebut tidak di katakan oleh orang lain sebagi perilaku mengada - ada (bid'ah) dalam ibadah. Beberapa hadist Nabi Muhammad saw. Yang menjelaskan tentang doa qunut dalam sholat subuh antara lain dari
 Anas bin Malik
مازل رسول الله صلى الله عليه وسلم يقءنت فى الفجءر حتى فارق الدنيا (رواهاحمد)


Artinya "Rasulullah saw. senantiasa membaca qunut pada sholat subuh hingga beliau wafat.(HR. Ahmad)

Dari Ibnu sirrin

عن ابن سرين قال ؛ قلت الأنس فنت رسول الله صلى عليه وسلم فى الصبح ؛ قال نعم بعد الركوع يسيرا(رواه البخارى ومسلم) 


Artinya : Dari ibnu Sirrin berkata, aku pernah bertanya kepada Anas, pernahkah Rasulullah qunut di sembahyang subuh ? Ia menjawab, Ya, sesudah Rukuk sebentar (HR Bukhari dan Muslim).

Hadis dari Ibnu Abbas

عن اب عباس رضي الله عنه ان النبي صلى عليه وسلم كان يعلمهم هذا الدعاء يعنى اللهم اهذنى الخ (رواه البيهقى)
  
Artinya :Dari Ibnu Abbas RA bahwasahnya nabi saw. pernah mengajarkan kepada mereka akan doa ini, yakni : Allahumahdini (illa akhirihi), supaya mereka membacanya diwaktu subuh. ( HR. Baihaqi)

Hadis dari Abu Hurairah RA.

عن ابى هريرة رضي الله عنه ان رسول الله صلى عليه وسلم كان اذارفع رأسه من الركوع من صلاة الصبح فى الركعة الثانية يرفع يديه يديه فيدعوا هذاالدعاء اللهم اهذنى فيمن هذيت وعا فنى فيمن عافيت. (رواه الحاكم) 


Artinya : Dari Abi Hurairah RA. Bahwasahnya Rasulullah saw bila ia mengangkat kepalanya dari rukuk di sembahyang subuh di rakaat yang kedua. Ia angkat kedua belah tangannya lalu ia berdoa dengan doa ini : allahumahdini fii man hadait wa aafinii fii man aafaita ( hingga akhir).
(HR. Hakim)

Hadis dari Abi Rafi'

عن ابى رافع راضي الله عنه قال ؛  صليت خلف عمر بن الخطاب رضى الله، عنه فقتن، بعدالركوع ورفع، يديه وجهرباالدعاء

Artinya :Dari Abi Rafi' RA berkata : pernah aku sembahyang dibelakan Umar bin Khattab RA, dibacanya qunut sesudah rukuk, maka diangkat kedua tangannya dan dikeraskanya membaca doa. (HR. Baihaqi)

Hukum membaca doa Qunut - dari beberapa dalil diatas, itulah yang menjadi dalil bagi umat islam warga NU dalam pelaksanaan doa Qunut, adapun menurut Imam Syafi'i hukumnya adalah sunnah. Sunnah berarti ketika seseorang melakukan ibadah sunnah maka ia akan memperoleh pahala, sedangkan orang yang tidak mau melakukanya tidak mendapatakan pahala dan juga dosa.

Sebagai umat Islam warga NU doa Qunut di anjurkan dalam sholat subuh, karena hal tersebut merupakan mengikuti perilaku Rasulullah dalam beribadah ( sunnah ). Perilaku sunnah ini (melakukan doa Qunut) menjadi bukti bahwa kita warga NU meneladani dan setia kepada Rasulullah saw. Karena Rasulullah adalah sebagi sumbernya teladan dalam setiap aspek. Baik dalam kehidupan, sosial, perilaku dan lainnya, bahkan termasuk didalam pelaksanaan sholat lima waktu, sebagaimana firman Allah dalam Qur'an surat Al Ahzab ayat 33

Artinya : Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang berharap (rahmat) Allah dan Kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (QS. al Ahzab, 33:21).

Bacaan Doa Qunut

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ ,وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ ,وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ
وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ ,وَقِنِيْ برحمتك شَرَّمَا قََضَيْتَ ،فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ
وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ ,وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ
تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ ,فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ
وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ 
Artinya : Ya Allah berilah aku petunjuk, seperti orang-orang yang telah engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan, seperti orang yang telah Engaku beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah engkau pimpin. Berilah keberkahan pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah akau dari kejahatan yang engaku pastikan. Karena sesungguhnya Engkaulah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang engkau beri kekuasaan. Dan tidak akan mulia orang-orang yang engkau musuhi. Maha berkahlah engaku dan     maha luhurlah engkau. Segala puji bagiMu atas yang telah engkau pastikan.aku memohon apun dan kembalilah (taubat) kepada engkau. Semoga Allah memberi rahmat, berkah dan salan atas nabi Muhammad ssaw beserta keluarganya dan sahabatnya.
nah itulah beberapa penjelasan tentang do'a Qunut, sebenarnya masih ada qunut yang lain seperti Qunut witir dan Qunut Nazilah. tentang qunut witir dan Qunut Nazillah jika ada kesempatan saya juga ingin membuat artikelnya.

No comments:

Post a Comment

Amalan - Amalan Pada Bulan Muharam