Saturday, December 16, 2017

Makna di balik memberikan buka puasa kepada orang yang berpuasa


Islam menganjurkan kepada saudaranya khususnya saudara seagama untuk selalu berbuat kebaikan dan menyambung silaturahmi. Salah satu kebaikan yang dilakukan seorang muslim kepada sudaranya saat bulan puasa adalah dengan memberikan makanan buka puasa kepada orang yang sedang berpuasa. Tentunya dibalik perilaku tersebut tersimpan sebuah maka yang luas. Lalu apa makna dari perilaku tersebut? Salah satunya adalah berikut.

Sudah jelas bahwa orang yang berbuat  kebaikan akan dibalas dengan pahala oleh Allah Swt. Begitupun dengan orang yang yang memberikan buka puasa kepada orang yang berpuasa. Selain mendapatkan pahala kebaikannya sebab berbuat baik dengan memberikan makanan, ia juga mendapatakan pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa tadi tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang berpuasa.  Rasulullah menganjurkan kepada kita jika mempunyai kelebihan rezeki untuk melakukan hal tersebut. Mengapa kok demikian? Mungkin saja puasa  kita hari ini kurang baik dan karena kita memberikan makanan kepada orang lain untuk berpuasa, maka kita mendapatkan pahala tadi menjadikan puasa kita menjadi lebih baik.

Segala sesuatu yang dianjurkan oleh Rasulullah pasti memiliki sebab yang baik. Maka kita sebagai orang yang mengaku umatnya sedikit sedikit harus bisa mencontoh beliau walaupun masih sangat jauh dari Rosul.

No comments:

Post a Comment

Amalan - Amalan Pada Bulan Muharam