Tuesday, January 2, 2018

Malaikat Yang Membangkang Perintah Allah

Dalam Kitab Karya Agung Syaikh Imam Al-Ghazali diceriakan bahwa dulu sebelum bernama Iblis, dia (iblis)  memiliki nama Al-abid yang artinya ahli ibadah. pemberian nama al-abis ini diberikan kepada iblis pada langin shaff pertama saja. lain halnya pada langit shaff kedua dan seterusnya. Begitu terkenalnya iblis hingga semua makhluk yang ada di seluruh langit mengenalinya sebab pada saat itu karena memang pada saat itu iblis terkenal sebagai hamba Allah yang paling taat.  pada langit yang kedua iblis mendapatan julukan nama yang lain, ya itu Az Zahid dan pada langit yang kedua diberi nama oleh Allah Al-Arif, dilangit keempat di beri nama Al-Wali, pada langit yang kelima diberi nama Taqi, langit yang ke enam diberi nama Al-Kanzi dan pada langit yng ketujuh diberinya nama Azazil. sebutan semua itu diberikan kepada iblis yang merupakan hamba Allah yang paling taat dalam ibadah.

Dulunya, Iblis juga merupakan malaikat yang menghuni surga dan setiap doa-doanya dikabulkan oleh Allah SWT. Sebab do'anya itulah para malaikat datang kepada iblis untuk mendo'akan agar tidak ditimpakan laknat dari Allah SWT, karena sebelumnya Malaikat Israfil berkeliling mengitari surga dan mendapati sebuah tuisan disalah satu pintu surga yang bertuliskan "Seorang Hamba Allah SWT yang telah lama mengabdi akan mendapatkan laknat Allah SWT, sebab menolak perintah Allah. Setelah mendapatai tulisan itu, seketika itulah Mlaikat Israfil menangis. Ia benar-benar takut jika hamba Allah yang dimaksud dalam tulisan itu adalah dirinya. kemudian para malaikat datang kepada Malaikat Azazil (Iblis), meminta do'a agar tidaj tertimpa laknat Allah SWT. Ketika mendengar pernyataan yang diceritakan oeh israfil, Kemudia Azazil berkata " Ya Allah...!! Hambamu-Mu yang manakah yanog berani menentang perntah-Mu, sungguh aku ikut melaknatnya" kemudian Azazil berdo'a meminta kepada Allah, " Ya Allah, Janganlah Engkau murka atas mereka." tetapi Iblis lupa untuk mendo'akan dirinya sendiri.

Selama kurun waktu 120 ribu tahun, Azazil (Iblis) menyandang gelar kehormatan dan kemuliaan, hingga tibalah suatu masa diciptaknnya manusia yang pertama Yaitu Nabi Adam As. Ketika itu Allah menyuruh Seluruh malaikat termasuk Azazil bersujud hormat kepada Nabi Adam As   yang diciptakan sebagai khalifah (pemimpin) di bumi. semua malaikat segera sujud hormat kepada Nabi Adam As sesuai dengan perintah Allah. Namun Azazil malah membangkangnya. dia menolak sujud kepada Adam karena Sombong. kemudia azazil berkata kepada Allah " Ya Allah Aku memang Lebih baik dibandingkan dengan Adam. Engkau ciptakan Aaku dari apai sedangkan Engkau ciptakan Adam dari Tanah." karena tidak menaati perinttah Allah, Allah menjadi murka kepada Azazil hingga menjadikan wajahnya yang rupawan nan bercahaya, menjadi keji dan menakutkan. Kemudian Allah Mengusir Iblis dari surga. Sejak Iblis Terusir dari surga, Ia kemudian Membangun singgasana serta istana di atas Lautan. hal itu ia maksud untuk menandingi Arsy Allah SWT yang  berada di atas langit dilangit ketujuh.

Dalam sebuah riwayat Imam Ahmad RA, Rasulullah bersabda, "Apa Yang Kamu lihat..?" "Saya melihat singgasana diatas lautan yang dikelilingi oleh beberapa ular,"
Rasul Menjawab " Kamu telah melihat singgasana Iblis" HR Ahmad

sedangakan menurut ibnu katsir dalam kitab-nya yang berjudul Al Bidayah Wanniyah, menerangkan " Iblis mempunyai banyak bala tentara dan memilih lautan sebagai istana. seperti diketahui bahwa luas lautan mencapai tiga perempat dari bumi. Oleh sebab itulah Iblis menempatkan  kerajaannya di lautan agar lebih leluasa dalam memerintah bala tentaranya yang jumlahnya sangat banyak sehingga memerlukan pusat kerajaan yang luas. sedangkan lautan adalah lautan yang sangat luas"

No comments:

Post a Comment

Amalan - Amalan Pada Bulan Muharam