Wednesday, December 13, 2017

8 ulama dan habaib yang berpengaruh di dunia terutama Indonesia


8 ulama dan habaib yang berpengaruh di dunia terutama Indonesia - Sejarah walisongo tentang penyebaran islam dinusantara mungkin sudah banyak kita ketahui walapun hanya sedikit mulai dari tradisi masyarakat yang sudah ada yang kemudian di modifikasi tanpa menghilangkan tradisi tersebut seperti nyadran dan lainnya atau dengan menggunakan media wayang sebagai sarana hiburan masyarakat yang kemudian membawa masyarakat yang belum islam menjadi pemeluk islam. namun di sekarang ini tahukah kamu sobat siapa para penerus walisongo yang yang menyebarkan ajaran islam dengan metode rohmatan lil'alamin.
Nah bagi sobat yang belum tahu, menurut saya ini adalah artikel yang sangat bagus walapun susunan kata-katanya masih kurang teratur, namus sobat tidak usah kawatir karena artikel ini memiliki informasi yang akurat dan fakta yang nyata dalam pandangan saya dan para pecinta ulama'. saya sarankan supaya sobat membaca artikel ini sampai habis dan semoga menambah pengetahuan dan kecintaan kita kepada para ulama' ulama' yang memperjuangkan agama Allah.

Habib maupun kyai disaat sekarang ini adalah sosok ulama yang terkenal dalam menyebarkan ajaran islam dinusantara yang banyak dicintai  oleh masyarakatnya dan dengan menggunakan metode dakwah yang lembut tanpa kenyebarkan makar didalamnya membuat para habib ini semakin berwibawa dalam berdakwah. Lalu siapakah para habaib itu. Oke sobat langsung saja baca di bawah ini.  Namun sebelum itu siapakah habib itu.

Habib di kalangan arab indonesia merupakan gelar bangsawan timur tengah yang merupakan kerabat nabi muhammad atau bani hasyim dan secara khusus yang di sebatkan kepada keturunan nabi muhammad melalui fatimah azzahra yang mempunyai dua orang putra yaitu hasan dan husain (istri ali bin abi thalib). Habib yang datang ke indonesia mayoritas keturunan dari husain bin ali bin abi thalib (cucu Rasulullah). Diantar habib yang berada di indonesia yang menjadi sorotan umat islam bahkan di negara - negara lain selain indonesia di antaranya sebagai berikut :

Habib umar bin Hafidz
Al habib umar bin muhammad bin salib hafidz yang di lahirkan pada senin 27 mei 1963 M yang merupakan ulama' besar dunia yang berasal dari hadramaut yaman yang juga merupakan seorang pendiri dan pengasuh Madrasah Darul Musthofa. Santri-santri yang belajar kepada al habib umar bin hafidz berasal dari seluruh penjuru dunia tak terkecuali indonesia, banyak para santri yang belajar kepada beliau berasal dari indonesi dan hampir puluhan santri berangkat dari indonesia ke yaman untuk menimba ilmu kepada habib umar bin hafidz, salah satu murid dari habib umar bin hafidz yang sukses belajar di madrasah darul mustofa yaman dan kembali ke indonesia untuk berdakwah menyebarkan ilmu agama islam ialah almarhum habib munzir bin fuad al musawwa. Dalam perjalanan dakwahnya beliau telah berkeliling ke kota kota besar indonesia termasuk juga kepelosok penjuru indonesia.

Sayyid Muhammad bin Alawi Al - Maliki.
Beliau merupakan salah seorang ulama' yang berasal dari arab saudi yang juga mempunyai gelar sebagai seorang profesor doctor yang merupakan alumni dari Al Azhar mesir. Di lahirkan pada tahun 1365 H/ 1946 M di kota makkah. Beliau merupakan keluarga dari Al maliki Al Hasani. Ayahnya bernama As Sayyid Alawi yang merupakan ulama terkemuka di kota makkah dan juga merupakan seorang penasihat raja faishal arab saudi. Ayah sayyid muhammad bin alawi al maliki yaitu As Sayyid Alawi juga merupakan seorang guru dari ulama' - ulama' besar indonesia seperti KH hasyim ashari yang merupakn pendiri Jamiyyah Nahdlatul Ulama' , KH maimun zubair pendiri sekaligus pengasuh pon-pen Al Anwar Sarang, Kh Abdullah Faqih pendiri pon-pes langitan dan masih banyak lagi.

Adapun as sayyid al maliki juga merupakan rujukan bagi santri santri tanah air dalam menimba ilmu dan menganggap beliau sebagi imam besar ahlussunnah wal jamaah di zamannya. Para ulama' indonesia pun mengakui beliau sebagai guru disegala bidang keilmuan.

Habib Salim bin Abdullah Asyatiri.
Nama lengkapnya Habin salim bin Abdullah bin Umar Asyatiri dilahirkan di kota tharim hadramaud yaman pada tahun 1359 H, ayahnya bernama Habib Abdullah merupakan guru yang telah melahiran ribuan ulama dari seluruh penjuru plosok negri, murid-muridnya pun berasal dari berbagi negara termasuk indonesia, beliau pernah beberapa kali datang ke indonesia untuk melakukan safari dakwahnya.

Habib Mundzir bin Fuad Al - Musawwa.
Merupakan ulama' indonesia yang karismatik, hampir seluruh umat islam di indonesia mengenal beliau. Habib Mundzir bin Fuad Al - Musawwa di lahirkan di cipanas cianjur jawa barat 23 januari 1973 yang kemudian beliau wafat di jakarta pada tanggal 15 september 2013 pada umumnya yang ke 40 tahun yang juga merupakan pendiri majlis Rasulullah yang merupakan majlis taklim terbesar di indonesia bahkan sampai ke penjuru dunai dalam setiap pengajianya selalu di hadiri oleh ratusan ribuh jamaah yang hadir untuk mendengarkan pengajian beliau dari berbagai penjuru terutama umat islam jakarta. Metode dakwah belaiu yang santun nan sejuk membuat mudah diterima oleh kalangam masyarakat dan merupakan tokoh idola umat islam indonesia. Meskipun kini beliau telah meninggal tetapi beliau akan selalu di kenal oleh umat islam khusunya indonesia sebagi ulama' nusantara yang paling berpengaruh di indonesia.

Habib Luthfi bin Ali bin Yahya.
Beliau lahir di kab pekalongan 10 November 1967 atau yang bertepatan dengan tanggal 27 rajab 1367 H yang merupakan pendakwah berkebangsaan Indonesia selain menjadi pendakwah beliau juga mejadi ketua Majelis Ulama' Indonesia Jawa Tengah. Pejalan dakwahnya sudah hampir keseluruhan indonesia bahkan sampi keluar negri, sikapnya yang demokratis dan mengedepankan persatuan bangsa membuatnya memiliki banyak murid dan menjadiknya sebagi idola masyarakat sebagai panutan.

Habib syech bin Abdul Qodi Assegaf.
Beliau merupakan seorang habaib yang berkebangsaan indonesia yang lahir di solo 20 september 1961. Beliau tekenal sebagi seorang habib yang mempunyai suara yang merdu dalam melantukan sholawat-sholawat kepada Nabi Muhamaad. Penjalanan dakwahnya sudah hampir keseluruhan kota-kota besar di indonesia bahkan kerap kali sampai ke luar negri. Dakwahnya selalu di hadiri oleh ulama' tokoh masyarakat kyai dan pejabat serta ribuan pengunjung.

Habib Muhammad Rizieq Shihab.
Muhammad Rizieq bin Husain shihab lahir di jakarta 24 agustus 1965. Beliau merupakan tokoh ulama' indonesia yang di kenal sebagi pemimpin FPI (front pembela Islam) . Habib Rizieq menjadi nama yang terkenal karen beliau selalu menjadi yang terdepan dalam menolak kemaksiatan secara tegas.

Habib Hasan bin Jakfar Assegaf.
Beliau lebih dikenal dengan sebutan Habib hasan yang lahir di bogor 1977, beliau merupakan pendiri majlis taklim Nurul Mustofa Jakarta Selatan, majlisnya menjadi salah satu majlis terbesar di indonesia sama seperti majlis Rasulullah yang di pimpin oleh Habib Mundzir  bin Fuad Al Musawwa, setiap di selengarakannya dakwah tidak kurang dari puluhan ribu pengunjung hadir dalam acara pengajian tersebut.

No comments:

Post a Comment

Amalan - Amalan Pada Bulan Muharam